PENTINGNYA IKLAN DALAM PERKEMBANGAN BISNIS

Pentingnya iklan untuk semua bidang kegiatan dalam kehidupan manusia, ada beberapa pendapat yang menjelaskannya dari beberapa penulisnya. seperti halnya menurut beberapa tokoh di bawah ini

Bitter (1986) membagi iklan menjadi dua jenis,yaitu:

 Iklan standar atau biasa disebut iklan komersil adalah iklan yang ditata secara khusus untuk keperluan memperkenalkan barang, jasa, pelayanan untuk konsumen melalui media periklanan. Tujuan iklan standar adalah untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan

Iklan layanan masyarakat: Iklan ini berupaya mencari keuntungan yang bersifat sosial, bukan keuntungan komersial secara langsung, dengan tujuan membentuk citra baik di tengah masyarakat.

Corporate Advertising :Iklan yang bertujuan membangun citra suatu perusahaan yang pada akhirnya diharapkan juga membangun citra positif produk-produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Iklan Corporate sering kali berbicara tentang nilai-nilai warisan perusahaan, komitmen perusahaan kepada pengawasan mutu, peluncuran merek dagang atau logo perusahaan yang baru atau mengkomunikasikan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

Pembagian iklan menurut Alo Liliweri (1992)

A. Pembagian Iklan Secara Umum

  • Iklan Tanggung Jawab Sosial

Yaitu iklan yang bertujuan untuk menyebarkan pesan yang bersifat informatif, penerangan, pendidikan agar membentuk sikap warga sehingga mereka bertanggung jawab terhadap masalah sosial dan kemasyarakatan tertentu. Misalnya iklan anjuran dan iklan penggambaran sosial.

  •  Iklan Bantahan

Yaitu iklan yang digunakan untuk membantah atau melawan atas sesuatu isu yang merugikan dan memperbaiki citra seseorang, perusahaan atau merek yang tercemar akibat informasi yang tidak benar.

  • Iklan Pembelaan

Tujuan dari iklan ini adalah memperoleh simpati dari khalayak bahwa perusahaan berada dalam posisi yang benar. Contoh yang biasanya ditemunkan tentang iklan jenis ini adalah iklan yang terkait dengan hak paten.

  • Iklan Perbaikan

Yaitu iklan untuk memperbaiki pesan-pesan tentang sesuatu hal yang terlanjur salah dan disebarluaskan melalui media.

  • Iklan Keluarga

Yaitu iklan dimana isi pesan-pesannya merupakan sebuah pemberitahuan dari pengiklan tentang terjadinya suatu peristiwa kekeluargaan kepada keluarga/khalayak lainnya. iklan keluarga biasanya lebih banyak berbentuk iklan kolom dan display, tidak banyak berisi ilustrasi gambar, dan lebih mengandalkan pesan tertulis. Contoh iklan ini adalah iklan tentang kematian, pernikahan, wisuda, dan lain-lain.

B. Pembagian Iklan Secara Khusus

  • Berdasarkan Media yang Digunakan

Secara umum pembagian iklan berdasarkan media yang digunakan terbagi dua, yaitu iklan above the line dan iklan below the line.

  1. Iklan media above the line adalah media yang bersifat massa. Massa yang dimaksud adalah bahwa khalayak sasaran berjumlah besar dan menerpa pesan iklan secara serempak. Media yang termasuk kategori above the line yaitu: surat kabar, majalah, tabloid, televisi, film, radio, dan internet.
  2. Iklan below the line adalah iklan yang menggunakan media khusus. Yang termasuk media-media below the line adalah: leaflet, poster, spanduk, baliho, bus panel, bus stop, point of purchase (POP), sticker, shop sign, flayers, display, dan lain-lain.

Selain berdasarkan kategori umum, iklan juga dibagi dalam kategori khusus berdasarkan jenis media yang dipakai. Berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat dibagi dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Iklan Cetak

Yaitu iklan yang dibuat dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak, baik cetak dengan teknologi sederhana maupun teknologi tinggi. Beberapa bentuk iklan cetak yaitu: iklan cetak surat kabar, ikaln cetak baliho, iklan cetak poster, iklan spanduk, dan lain-lain. Berdasarkan luas space yang dipakai, khusus untuk media cetak suratkabar, majalah, dan tabloid, iklan-iklan dalam media ini dikenali dalam tiga bentuk iklan, yaitu:

  • Iklan Baris

Bahasa yang digunakan dalam iklan baris umumnya singkat, penuh makna, dan sangat sederhana. Barang yang diiklankan dalam iklan baris sangat beragam, meliputi barang, jasa, ucapan syukur, ucapan selamat, mencari jodoh, dan lain sebagainya.

  • Iklan Kolom

Iklam kolom memiliki lebar stu kolom, namun lebih tinggi dibanding iklan baris. Selain pesan verbal tertulis, dimungkinkan ula pesan nonverbal sebagai ilustrasi gambar, simbol, lambang maupun tanda-tanda visual lainnya walu tidak terlalu bervariasi dan sangat terbatas.

  • Iklan Advertorial

Iklan yang berkesa sebagai sebuah berita. Dalam tatarama periklanan Indonesia, iklan dengan tnik ini diharuskan diberi keterangan “advertorial” atau “iklan” untuk membedakannya dengan berita.Isi pesan advertorial ini sangat beragam antara lain: iklan layanan pengobatan alternatif, kesehatan, jasa penyelenggaraan even, wisata, nstitutonal advertising, dan sebagainya. Bila dipasag oleh pemerintah, biasanya berisi pesan tentang pariwisata, perkembangan daerah, potensi alam, menggugah kesadaran berpartisipasi dalam pembangunan, pendidikan, kesetiakawanan sosial, tertib dan sadar ukum, dsb.

  • Iklan Display
  • Iklan Elektronik
  • Berdasarkan Tujuan
  • Iklan Radio
  • Iklan Televisi 
  1. Iklan Komersial

Disebut pula iklan bisnis bertujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, taanya peningkatan penjualan dimana sasaran pesan yang dituju adalah untuk seseorang atau lembaga yang akan mengolah dan atau menjual produk yang diiklankan tersebut kepada konsumen akhir. Iklan komersial dapat dibagi dalam tiga jeis iklan, yaitu iklan untuk konsumen, untuk bisnis dan iklan untuk pofesional.

  1. Iklan Non Komersial( Iklan Layanan Masyarakat)

Iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi atau menidik khalayak dimana tujuan akhir bukan keuntungan ekonomi melainkan keuntungan sosial

  • Berdasarkan Bidang Isi Pesan
  • Berdasarkan Komunikatornya
    1. Iklan Politik
    2. Iklan Pendidikan
    3. Iklan Kesehatan
    4. Iklan kecantikan dan perawatan tubuh
    5. Iklan Pariwisata
    6. Iklan hiburan
    7. Iklan Olah Raga
    8. Iklan Hukum
    9. Iklan Lowongan Pekerjaan / Recruitment
    10. Iklan Duka Cita
    11. Iklan Perkawinan
    12. Iklan Makanan dan Minuman
    13. Iklan Otomotif
    14. Iklan lingkungan Hidup
    15. Iklan Media
  1. Iklan Personal
  2. Iklan Keluarga
  3. Iklan instusi
  • Berdasarkan Wujud Produk yang Diiklankan
  • Berdasarkan Khalayak Sasaran Iklan
    1. Iklan Barang
    2. Iklan Jasa
    3. Iklan Barang dan Jasa

a.  Iklan untuk Pengguna Akhir

b.  Iklan untuk Distributor atau Pengecer

c.  Iklan untuk Pabrik

  • Berdasarkan cakupan / wilayah sasarannya
  1. Iklan Lokal
  2. Iklan Regional
  3. Iklan Nasional
  4. Iklan Internasional
  • Berdasarkan Fungsinya
  1. Iklan Informasi
  2. Iklan Persuasi
  3. Iklan Mendidik
  4. Iklan Parodi/Hiburan